Pagelaran Pameran Batu Nusantara di Pangkalpinang

pameran-batu pangkalmpinangKomunitas pecinta batu Pangkalpinang menggelar pameran Batu Nusantara di Babel di Jalan Suraiman Arief Kampung Dalam Kelurahan Masjid Jamik Pangkalpinang, Jumat hingga Minggu, 14-16 November 2014. Aneka bentuk dan jenis batu yang dipamerkan meliputi "Batu Kinyang" yang didapatkan di wilayah Bangka.

Penggagas Pameran Batu Nusantara.  Medi Sjahrial Alamsyah menjelaskan bahwa batu-batu ini banyak ditemukan di Bangka, terutama batu Kinyang yang bisa ditemukan di areal bekas lahan tambang.

"Selama ini batu-batu itu tidak dianggap memiliki nilai ekonomis. Setelah diketahui, dan Pekerja TI sudah mengerti batu dan sudah bisa pasang tarif," ujar Medi kepada wartawan, Sabtu (15/11/2014).

Dikatakan Medi, bahwa batu-batu yang ada di sekitar lokasi TI tersebut sudah ada nilai, dan selama ini hanya dibuang saja. Seiring adanya pameran ini akan dapat menggugah masyarakat guna memandang nilai ekonomi batu tersebut. "Bila semakin kretif membentuk batu maka semakin punya nilai," ujar Medi seraya menyebutkan kini mulai bermunculan sejumlah tukang gosok batu.

Medi berharap adanya perhatian dari pemerintah daerah melalui Dinas Perindag,  koperasi dan UKM untuk melakukan pembinaan dan pelatihan.

Related Posts:

0 Response to "Pagelaran Pameran Batu Nusantara di Pangkalpinang"

Posting Komentar