Asal Muasal Nama Akik Pandan

pandan setSebelum bicara lebih jauh mengenai akik pandan, Ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu asal usul nama pandan pada akik tersebut, saya banyak mengenal kawan komunitas dan pemakai batu pandan tapi ketika saya lontarkan  satu pertannyaan darimana asal usul nama pandan???
Banyak jawaban, dari karna mirip daun pandan,  atau serat nye seperti serat daun pandan, walau ada yg bilang tidak tau sama sekali....


DiSinilah letak keseriusan saya sebagai penulis mencoba  dan menambah wawasan mengenai akik pandan, dari mencoba menanyakan hal ini

ke beberapa orang yang saya anggap mengerti tentang batu pandan.


Suatu hari saya bertemu dengan pemuda pemain pandan,  saat ketemu dia sedang membawa bongkahan pandan kapas yg sudah dipotong,  sesudah cukup akrap saya lontarkan satu pertannyaan kepada kawan saya itu.... wow jawabannya sangat mengagumkan.


Menurut cerita Almarhum Engkong Amat Bin Ali, Ali Bin Cutek yg disampaikan nye emang akik Pandan itu ga ada sangkut paut nye dgn daon pandan,,,,, kata Pandan sendiri di ambil Dari ejaan kate Meneer Holand {PENDANT} yg berarti kire2 LIONTIN,,,, jawara dulu sring make akik yg ga lazim {besar2} sampe kumpeni2 heran ko' liontin{pendant} di jadiin cincin,,,,, lama kelamaan kakak buyut kite pun menyebut akik nye pandan,,,,,!



Nah kesimpulannye PANDAN Itu plesetan dari kata PENDANT (liontin).

Semoga bermamfaat buat pembaca

Related Posts:

0 Response to "Asal Muasal Nama Akik Pandan"

Posting Komentar