Batu Akik Gambar Mulai Bayak Diminati

gMengoleksi batu cincin kini bukan lagi menjadi hobi kalangan ekonomi menengah ke atas saja. Arief (42), pencinta batu cincin, mengaku, mengoleksi batu cincin juga bisa dilakukan kalangan menengah ke bawah. Ia memiliki beberapa koleksi batu cincin yang harganya antara Rp 50 ribu hingga Rp 200 ribu. "Memang sih batu cinci ada yang harganya sampai selangit, tapi bagi saya batu-batu lokal yang saya koleksi selama ini biasanya harganya masih sangat terjangkau di pasaran," ujarnya ketika ditemui tengah memilih batu cincin yang akan ia beli.

Pedagang batu cincin di Jalan Sultan Ageng Tirtayasa Cilegon tidak hanya menjual batu cincin lokal seperti akik, sungai dare, kecubung, kalimaya, dan lainnya, tapi juga ada batu dari mancanegara seperti jamrud colombia, rugbhy madagaskar, shapire, giok dan lainnya.

Samsu Anwar (61), pedagang batu cincin menuturkan, setiap tahun tren batu cincin mengalami perubahan. "Kalau tahun lalu kalimaya sangat diminati,  terus batu bacan, saat ini pembeli lebih cenderung mencari batu akik yang bermotif, seperti menyerupai bentuk gambar ataupun tulisan," ujar pria yang sudah puluhan tahun ini menggeluti usahanya ini.

Batu yang dijual Samsu Anwar dan pedagang lainnya di lokasi ini bervariasi, mulai dari Rp 50 ribu hingga jutaan rupiah. "Bagi kolektor cincin, mereka tahu kalau barang (batu cincin) yang memiliki nilai itu seperti apa, tidak perlu kita jelaskan lagi," tandasnya.

Related Posts:

0 Response to "Batu Akik Gambar Mulai Bayak Diminati"

Posting Komentar