Harga Batu Idocrase Aceh Tergolong Tinggi

giok-nagan-istSejak kurun waktu 6 bulan terakhir, Buchari salah seorang agen pengumpul batu giok Gampong Kulam Jernih Kecamatan Beutong Ateuh, Kabupaten Nagan Raya telah menjalankan bisnisnya.

Keindahan jenis batu giok Aceh dan harganya yang fantastis membuat Buchari tergiur menjalani bisnis tersebut. "Sejak enam bulan terakhir saya menggeluti usaha ini," terangnya,.

Ia menerangkan, dari berbagai jenis batu giok dari Nagan Raya, beberapa diantaranya tergolong super, dan nilai jualnya sangat tinggi. Dicontohkannya jenis batu giok idocrase dan solar merupakan yang diminati dan harganya cukup tinggi. "Jenis idocrase bisa terjual hingga Rp20 juta perkilogramnya," katanya.

Dan bahkan beberapa jenis giok idocrase yang warna kristal nilai jualnya bisa mencapai ratusan juta. Untuk pemasaran, jelas Buchari, dirinya merasa tidak sulit sebab para pembeli datang langsung le tempatnya untuk transaski.

Beberapa diantara pembeli tersebut, lanjutnya, bahkan datang dari Medan, Jakarta, dan Banda Aceh.

Buchari mengungkapkan, Ia memperoleh batubgiok dari para penduduk yang menambang batu tersebut secara tradisional. Rata rata tiap harinya, sambung Buchari, Ia menerima tidak kurang satu ton batu giok berbagai jenis. "Namun tidak semua yang bagus, meski kita pilih," tandasnya.

Menurutnya, keindahan batu giok Aceh khususnya jenis idocrase sudah mendunia, dan di level nasional sering menjuarai even pertandingan batu alam.

Related Posts:

0 Response to "Harga Batu Idocrase Aceh Tergolong Tinggi"

Posting Komentar