Batu Akik Sarolangun Jambi Menembus Pasar China

Sarolangun, JambiDi tanah Kabupaten Sarolangun, Jambi, tersimpan batu-batuan yang memiliki potensi tinggi untuk diolah sekaligus memberikan kesejahteraan bagi masyarakatnya. Potensi batu akik atau dikenal juga dengan batu akik ini dulunya sempat tak dilirik. Mungkin karena masyarakat merasa tak akan memberikan nilai ekonomi serta jarak yang jauh dari penduduk. Kini, setelah mengetahui potensi yang tersimpan dalam batu akik, masyarakat mulai memanfaatkan batu-batuan ini untuk dijadikan berbagai produk. Bahkan, berdasarkan hasil kajian kompetensi inti Sarolangun, batu akik kemudian ditetapkan sebagai produk unggulan.

Di kabupaten yang luas wilayahnya 6.174 km² ini terdapat tiga buah sentra industri batu aki dengan enam unit usaha. Kapasitas produksi setiap bulannya telah mencapai 1,25 ton atau sebanyak 24.834 produk batu akik dengan nilai produksi mencapai Rp 742.100.000 (2009). Dengan mempekerjakan 26 orang, industri batu akik Sarolangun pada dasarnya masih merupakan home industry dan berlokasi di perumahan rakyat. Terdapat tiga lokasi yang memiliki potensi batu akik yaitu di kecamatan Limun, Pelawan, Batang Asal, dan Kecamatan Sarolangun sendiri.

Keunikan atau ciri khas komoditi batu akik Kabupaten Sarolangun berbeda dengan batu pada umumnya yang ada di daerah lain, karena batu akikSarolangun tidak terdapat di daerah lain. Selain itu komoditi sangat unik karena motif alami dan warna batu seperti sarang tawon. Ada beberapa macam batu akik Sarolangun, yaitu batu akik sungkai, batu akik tapak jalak, batu akik panca warna, batu akik kuning, batu akik hijau, dan batu akik aren. Ada beberapa faktor yang mendukung komoditi batu akik di kabupaten berpenduduk 246.245 jiwa ini. Yaitu bahan baku atau penolong mudah didapat dan selalu tersedia; masih menggunakan mesin peralatan sederhana; keterampilan dasar perajin sudah dimiliki secara turun temurun, usaha bersifat padat karya dan banyak menyerap tenaga kerja dengan melibatkan masyarakat setempat. Disamping itu peluang pemasaran cukup luas. Selain dipasarkan ke berbagai kabupaten atau kota terdekat hingga Sukabumi, Jawa Barat, batu akik Sarolangun sudah dapat diperoleh di Singapura. Bahkan, kini menerobos ke negeri Tirai Bambu Cina serta Hong Kong. Baju akik Sarolangun

Related Posts:

0 Response to "Batu Akik Sarolangun Jambi Menembus Pasar China"

Posting Komentar