Indocrase dan Giok Nephrite Jade Paling Laris di Aceh




giok acehBATU giok asal Nagan Raya kini menjadi incaran warga. Pasalnya, giok tersebut kini menjadi batu terindah di dunia setelah memenangkan kontes batu mulia dalam pameran Indonesian Gemstone September 2014 lalu.

Salah satu pedagang batu akik di Pasar Aceh, Banda Aceh, Wawan, mengatakan ada dua jenis giok yang kini populer. Kedua jenis giok tersebut berasal dari Nagan Raya dan Aceh Tengah.

"Jenis yang menjadi incaran warga di antaranya giok Indocrase dan giok Nephrite Jade yang bernilai tinggi," katanya

Menurutnya dua jenis giok ini paling banyak dicari warga karena berasal dari Aceh dan terbukti memiliki kualitas terbaik dunia. Sementara jenis Indocrase yang banyak dibeli adalah jenis solar dan bio solar, yang berwarna kehijau-hijauan dan kecoklatan.

Menurutnya batu lumut Indocrase jenis solar dan bio solar merupakan satu-satunya jenis yang hanya terdapat di Aceh. Umumnya batu tersebut berasal dari wilayah pantai Barat-Selatan Aceh, khususnya Nagan Raya.

Ia mengatakan batu tersebut dijual dengan harga relatif tinggi. Meski harga tinggi, namun banyak pembeli yang memburu batu tersebut. Bahkan ia mengaku dalam sehari sebanyak 15 hingga 20 batu gioknya terjual.

“Sebagiannya ada juga minta asah di sini karena mereka juga bawa batu sendiri kemari untuk digosok,” ujarnya.


Related Posts:

0 Response to "Indocrase dan Giok Nephrite Jade Paling Laris di Aceh"

Posting Komentar